Bupati Sumbawa Barat Terima Penghargaan 45 Top Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan dan RB

Sumbawa Barat – Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali mencatatkan prestasi terbaik, dengan penghargaan bergengsi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) sebagai kabupaten Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji. Prestasi ini menjadikan Sumbawa Barat sebagai satu-satunya Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berhasil meraih penghargaan tertinggi untuk kategori ini.

“Alhamdulillah, kita bersyukur ditetapkan sebagai salah satu dari 45 kementerian, lembaga negara, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota paling inovatif yang meraih penghargaan ini,” kata Bupati Sumbawa Barat, H.W.Musyafirin, Senin (31/7/2023).

Top 45 inovasi pelayanan publik tahun 2023 ini diraih Kabupaten Sumbawa Barat bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Keuangan dan Kementerian Pertanian, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan serta Kepolisian Republik Indonesia. Termasuk bersama tiga pemerintah provinsi serta 19 kabupaten/kota se Indonesia serta PT Taspen sebagai satu-satunya perwakilan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kabupaten Sumbawa Barat berhasil menyisihkan 2.135 proposal yang masuk diseluruh wilayah Indonesia. Adapun top inovasi pelayanan publik yang diraih itu adalah Gotong Royong Menuju Tuntas Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan leading sektor utama adalah Dinas Kesehatan. “Ini akan menjadi pemicu semangat OPD lain untuk terus berinovasi. Masuk 45 Top Inovasi pelayanan publik ini adalah yang pertama bagi kabupaten/kota di NTB,” tandas bupati dua periode ini.

Firin demikian disapa mengaku, pencapain ini tidak lepas dari inovasi yang dilakukan Pemda Sumbawa Barat termasuk kerja kolabaratif semua pihak terutama dalam kategori pemberdayaan masyarakat. Bupati mendorong OPD lain untuk terus meningkatkan dan melahirkan inovasi di bidang masing-masing sehingga percepatan pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan bisa diwujudkan secara cepat dan tepat sasaran serta efisien dan akuntabel.

BACA JUGA :   Spanduk Warga Tolak Tambang PT SBM Terpasang di Taliwang

“Ini akan terus mendorong kita untuk terus melahirkan inovasi baru kedepannya,” tambahnya.

Berdasarkan pengumuman Deputi Bidang Pelayanan Publik nomor B/308/PP.00.05/2023 tanggal 16 Juni 2023 tentang Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD tahun 2023 ditetapkan sebanyak 198 proposal inovasi lolos ke tahap presentasi dan wawancara termasuk inovasi Gotong Royong Menuju Tuntas Lima Pilar Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Milik Pemda Kabupaten Sumbawa Barat.

Inovasi ini pun bahkan masuk kedalam finalis Top 99 inovasi Pelayanan Publik kategori umum. Setelah terpilih sebagai finalis, proses selanjutnya yaitu presentasi dan wawancara yang berlangsung pada Rabu (12/7) yang dipimpin langsung bupati Sumbawa Barat didampingi Plh. Sekda, Drs. Mulyadi, MM, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA), Agus, S.Pd serta Kepala Dinas Kesehatan, Hj. Erna Idawati dengan materi pelaksanaan tuntas lima pilar STBM di Kabupaten Sumbawa Barat. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *