oleh

Antusias Warga KSB Operasi Katarak Gratis, Kedepan Akan Sering Dilaksanakan

Sumbawa Barat – Sebanyak 102 warga Sumbawa Barat berhasil dioperasi Katarak secara gratis, yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Kesehatan Sumbawa Barat dan RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat bekerjasama dengan Rumah Sakit Mata NTB yang didukung penuh oleh TP PKK Sumbawa Barat dan A New Vision Indonesia

Kegiatan yang dirangkum dalam Bakti Sosial Operasi Katarak itu berlangsung selama dua hari sejak 25 Maret hingga 27 Maret 2022 di RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat.

Pada Baksos kali ini ada 107 pasien yang terdaftar, namun 102 yang berhasil di operasi, 5 pasien ditunda operasi oleh karena 1 pasien masih immature, 1 pasien saran rujuk RS Mata NTB untuk penanganan lebih lanjut dan 3 pasien tidak memenuhi syarat operasi karena ada penyakit penyerta yang perlu distabilkan lebih dulu.

Direktur RS Mata NTB, dr. Wulan,SpM  menyampaikan katarak ini merupakan penyakit yang bisa mengakibatkan kebutaan penuh pada penderitanya, karena itu menurutnya butuh penaganan cepat.

“ Kami berharap kegiatan Operasi Katarak Gratis ini dapat dilakukan secara berkesinambungan karena saat ini NTB menempati peringkat 2 nasional untuk tingkat kebutaan. Dan 70% kebutaan disebabkan oleh katarak,” terangnya.

Melihat antusias masyarakat dan banyaknya penderita katarak, Wakil Bupati KSB Fud Saifuddin, ST berjanji kedepan siap mendukung penuh kegiatan ini, menurutnya hal ini sangat bermanfaat baik secara fisik maupun mental kepada masyarakat.

“Rasa bahagia dapat melihat normal kembali oleh penderita Katarak ini itu tidak dapat diukur dengan apapun, kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Ibu Direktur RS Mata NTB beserta Tim, dan berharap akan ada MOU antar kedua belah pihak agar kegiatan ini tetap berlangsung.” Kata Fud Syaifuddin.

BACA JUGA :   TNI Polri dan Media Lomba Menembak

Sekretaris Daerah KSB, Amar Nurmansyah dalam kesempatan berkunjung langsung saat persiapan dan pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak di RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat, menyampaikan apresiasi kepada Direktur RS Mata NTB beserta tim.Pemerintah KSb dikatakannya, akan mendukung penuh kegiatan ini kedepan, dimana masih banyaknya penderita katarak dan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang mungkin tidak memiliki kemampuan secara ekonomi untuk melaksanakan operasi secara mandiri.

Sementara itu, Direktur RSUD Asy-Syifa’ dr.Carlof menyampaikan, akan menindaklanjuti pelaksanaan MOU antara Pemerintah KSB dengan pihak RS Mata NTB agar pelaksaan baksos operasi katarak dapat terlaksana rutin dan juga berharap agar ada dokter spesialis mata yang bisa bertugas di KSB.

“Mari kita jaga mata kita jaga mata kita dengan berolahraga, tidak merokok, mengkonsumsi sayuran Warna hijau dan merah dan yang lebih penting menjaga mata agar tidak kelelahan.

Salam sehat untuk kita semua, kita masih dalam masa pandemi Covid-19, mari sukseskan vaksinasi Covid-19 dan tetap jaga Protokol Kesehatan agar semakin cepat kita ucapkan Selamat Tinggal Covid-19.” Pungkas dr.Carlof.(K1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *