Anies Baswedan Memiliki Kenangan Khusus di Taliwang Sumbawa Barat

Sumbawa Barat – Gubernur DKI Jakarta Periode 2017 – 2022  H. Anies Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. diketahui memiliki kenangan khusus dengan Kota Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, selama masa mengenyam Pendidikan Tinggi Strata 3.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengakui jika riset dan penulisan disertasi S3 nya dilakukan di Kota Taliwang di tahun 2002.

“ Dulu waktu saya nulis Disertasi itu ke Taliwang Sumbawa Barat, tapi waktu itu belum menjadi Kabupaten Sumbawa Barat dia masih Kabupaten Sumbawa,” kenang Anies Baswedan saat bincang di kanal Youtube Satu Indo.

Calon Presiden RI yang lagi naik daun itu, selama melakukan disertasi S3 nya memiliki kesan tersendiri dalam hidupnya, selain Kota Taliwang menjadi tempat penulisan disertasi hingga butuh perjuangan untuk kembali ke kampusnya di Amerika.

Seperti diceritakan di kanal Detik.Com kisah perjuangannya dalam mengerjakan disertasi saat studi S3 di Northern Illinois University, Amerika. Setelah selesai disertasi di Taliwang NTB salah satu tempat risetnya, Anies pun bermaksud segera kembali ke Chicago. Sebab di sana ada istrinya Fery Farhat yang juga tengah menyelesaikan studi S2nya. Namun niat Anies untuk segera kembali ke Chicago tak berjalan lancar.

Meski tiket penerbangan sudah di tangan, namun visa Anies tak kunjung terbit. Rencana di Jakarta cuma 5 minggu, jadi 5 bulan, kenang Anies seperti dilansir KMC News dari Detik Edu.

Ketika visa terbit, Anies pun berangkat ke Chicago. Saat check-in di Bandara Singapura seorang petugas bernama Yusuf heran dengan tanggal tiket keberangkatan Anies.

“Saat check-in, petugas bernama Yusuf bertanya kenapa tanggal perjalanan di tiket telat beberapa bulan?” kata Anies.

Kepada Yusuf, Anies pun menceritakan penyebab keterlambatan tiket perjalanannya. Mereka pun terlibat percakapan sampai pada pendidikan dan keluarga.

BACA JUGA :   Pakar : Bawaslu Wajib Mengusut Tuntas Dugaan Dana Kampanye dari Tambang Ilegal

“Kami ngobrol. Dia terkejut saat dengar kepulangan saya tertunda. Dia tanya di mana keluarga. Saya jelaskan bahwa istri kuliah master dan urus anak-anak di AS (Amerika Serikat). Sementara saya di Jakarta tidak bisa kembali,” tutur Anies.

Setelahnya, Yusuf memberikan Anies boarding pass dan berpesan untuk tidak duduk jauh-jauh, khawatir namanya dipanggil jika ada perlu.

Anies kemudian duduk di area sekitar gate sembari menunggu boarding. Ketika boarding, namanya dipanggil dan diminta untuk menuju counter di gate.

Di sana, Anies berpikiran bahwa ada masalah terkait keberangkatannya. Yusuf yang kala itu berada di counter meminta boarding pass Anies dan langsung menyobeknya.

“Dia beri yang baru dan berkata, “This is for you. The new boarding pass. Please enjoy your flight,” cerita Anies, masih di kanal Detik.

Boarding pass yang baru itu Yusuf upgrade menjadi Business Class. Anies yang terkejut kemudian bertanya kepada Yusuf, apa alasannya?

Yusuf lalu menjawab, “I can’t imagine how difficult it was for you, waiting to return to your family for months. This is the least I can do,”

Dalam akun Instagramnya, Anies bercerita bahwa baru-baru ini ia berkesempatan mengunjungi Yusuf di Singapura. Setelah 20 tahun berlalu, Yusuf yang dulunya merupakan seorang petugas check-in bandara, kini menjadi manajer dari sebuah maskapai penerbangan.

Kembali soal Taliwang, meskipun memiliki kenangan manis di Taliwang sejauh ini Anies Baswedan belum pernah lagi berkunjung ke Taliwang Sumbawa Barat, akan tetapi Anies Baswedan sejauh ini dikenal memiliki kedekatan khusus dengan beberapa tokoh yang ada di Taliwang seperti Dr.KH. Zulkifli Muhadli,S.H.,M.M, sebagai Rector Universitas Cordova Kyai Zul sapaan akrab mantan Bupati Sumbawa Barat dua periode itu, bahkan mendaulat Anies Baswedan menjadi salah satu dosen di Undova, kabarnya dalam waktu dekat pun Anies Baswedan akan diundangan khusus ke Taliwang.

BACA JUGA :   Seru, Milanisti KSB Jalin Silaturrahmi Gelar Bukber

Bukan hanya dengan Kyai Zul, Anies Baswedan juga dikenal dekat dengan tokoh Taliwang lainnya yakni mantan Ketua DPRD Sumbawa Barat, Drs. Manimbang Kahariady. Bahkan dalam pernikahan salah satu putrinya di Jakarta, Manimbang meminta Anies sebagai salah satu saksi pernikahan, diketahui Anies Baswedan memiliki kedekatan dengan Manimbang Kahariady sebagai sesama alumni HMI.

Tokoh Taliwang lainnya yang dikenal dekat dengan Anies Baswedan selain dua nama tadi yakni Andi Azizi Amien.Dengan nama terakhir ini Anies dikenal dekat sebagai sesama alumni Amerika.

Perjalan sosok Anies Baswedan saat ini memang menjadi sorotan, diberbagai daerah Anies Baswedan disambut hangat ribuan orang seperti terakhir di Banda Aceh. Sambutan hangat terhadap Anies diberbagai daerah tersebut, sebab nama Anies Baswedan menjadi salah satu sosok yang disebut-sebut berpeluang tampil dalam Pilpres mendatang bahkan dielukan menjadi Presiden RI selanjutnya.(K1)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *